Pages

Senin, 11 Agustus 2014

music, my life my adventure


tidak tahu kenapa semakin hari semakin gila saja aku dengan yang namanya musik. tidak ada bosan-bosanya rasanya, walaupun ya sekadar itu yang bisa aku mainkan. masih banyak sekali yang harus saya pelajari. main musik bagiku bukan hanya sekadar keren-kerenan saja, memamerkan skil atau keahlian dewa diatas panggung agar kita bisa dipuja oleh banyak orang. Main musik bagiku adalah sesuatu yang berurusan dengan batiniyah, urusan hati, jiwa dan kepuasan dalam setiap nada-nada yang kita mainkan.

warna-warni musik yang kita mainkan, serasa bisa mewakili semua perasaan kita ketika mendengarkan atau memainkan musik tersebut, entah senang, sedih, bahagia, atau gembira, gelisah, khawatir, ketakutan atau merefleksikan sebuah kebohongan.

hahhaa jigur, serius teen le ngomong aku haha,, sante sante ora usah sepaneng..

hampir semua jenis musik aku sukai, mulai dari aliran pop, rock, heavy, hardcore, metal, jazz, keroncong, dangdut, campursari, jawa, dan tentunya kamu #ehh

bagiku semua aliran musik tersebut memiliki warna sendiri-sendiri, dan akan memperkaya musik yang akan kita mainkan, ya walaupun aku paling seneng dengerin musik jazz , rock dan post hardcore.

kenapa Jazz, kenapa rock? kenapa Post Hardcore? aku seneng musik Jazz karena musik jazz memiliki ritmis yang tak terduga, kaya akan improvisasi, dan tentunya enak di dengerin waktu santai, waktu sepaneng, dan waktu di sampingmu tentunya hahaaa

sedangkan musik rock dan post hardcore karena menurutku musik tersebut memiliki suntukan energi yang luar biasa, membuat semangat balik lagi, walaupun liriknya cengeng hahaa

aku kenal musik sudah cukup lama, mulai dari kecil mungkin, namun baru iseng iseng main alat musik ketika aku SD kelas 5, karena ada teman sekelas yang bisa main gitar, kemudian aku coba aja tuh gitar, walaupun ga bisa mainin, tapi dulu aku inget pas itu aku hanya bisa memainkan intro lagu Kukatakan dengan Indahnya Peterpan, terus dah aku mainin lagu itu terus ketika ada gitar, haha

lama banget aku main intro Kukatakan dengan indah sampai kira kira masuk SMP,

waktu kelas 1 SMP akhir, aku diberikan sebuah tontonan band dari kaka kelas-kaka kelas yang sedang menggelar acara pagelaran ketika Ujian praktek SMP, nah saat itu melihat mereka main musik kayaknya keren banget, nah mulai saat itu aku mulai belajar gitar sendiri, waktu itu si berharap ada yang ngajarin gitar, tapi cewek #eh.

dimulai dengan memfotokopi selembaran kertas yang berisi chord punya teman saya dan meminjam gitar dari tetangga saya, mulai deh saya belajar bagaimana memegang dan memetik gitar sesuai selembaran kertas tersebut, pada awalnya sii sakitttt nih jari, namun ya semua butuh perjuangan, sampai akhirnya sedikit bisa memainkan lagu-lagu yang menurutku kece badai, apa lagi kalau bukan lagu melayu hahaii..

walau di smp permainan gitarku tidak terlalu menonjol dibanding teman-teman yang lain, namun bisa di bilang bisas lah kalo sekarang hehew... waktu SMP juga aku punya band loch, namanya "nine d" ya karena waktu itu aku kelas 9 D jadi nama bandnya nine d. oh iya saya kenalkan nama personilnya yak gaes, di Vokal ada Amin (tohir), terus di Bass ada Ayub Widodo, di Gitar ada Aku (Amin Pathol), di gitar lagi ada Teguh Yulianto, terus di Drum ada Teguh Kurniawan, tidak tau apakah mereka masih main musik atau tidak.

setelah melewati masa-masa SMP ketertarikanku akan gitar semakin kuat, ketika aku masuk di SMA Karanganyar, karena ada pelajaran seni musik . waktu masuk SMA aku tak hanya sekadar belajar gitar saj, tapi belajar musik secara keseluruhan, dari sejarah, komposer, musisi, dan berbagai jenis aliran musik di belahan dunia.

waktu SMA kelas 1 aku punya band lagi, namanya lupa, kayaknya Resinda deh soalnya nama kelasnya Resinda haha.. band tersebut dibuat untuk lomba loh, ya waktu SMA ada yang namanya classmeeting, jadi classmeeting itu adalah acara lomba-lomba menjelang HUT SMA N 1 Karanganyar, gak dapet juara sih, cuma dapet rasa malu hahaa.. fiuhhh karena bener bener ambyar tuh band.nya haha.. dulu sempet nyanyi lagu yang sedikit sangar yaitu lagunya The Rock yang berjudul Makhluk tuhan paling seksi sama lagunya D masive entah apa judulnya aku lupa. karena ambyar band kami pun gagal naik panggung hahaa. oh iya nama personelnya di gitar ada aku dan Dewangga, di Drum ada Faiz Rivaldi, di Vokal ada Rivky Yudhanto, dan di Bass ada... agung kayaknya, soalnya lupa.. iya Agung yang main bass. sebenarnya gak ambyar-ambyar banget sih, daripada kelas lain seangkatan, band kami lumayan bagus wkwkwkw

kemudian lanjut ke kelas 2 SMA aku pun main band lagi dengan orang-orang baru, yak seperti biasa band kami terbentuk untuk mewakili kelas kami untuk lomba di classmeeting, karena aku masuk di kelas XI Ips 2, dan kebetulan nama kelasnya Genistwo, jadi langsung saja nama Bandnya Genistwo haha,. Waktu kelas 2 ini permainan gitarku sudah mengalami peningkatan, berbeda ketika aku waktu SMP dan SMA kelas satu. di kelas 2 ini aku sudah mulai belajar teknik-teknik gitar yang benar, gak main asal waktu dulu hahaa..

alhasil Band kami berhasil naik panggung Besar, walaupun belum dapet juara heee.. maklum lah masih proses belajar. formasi band ku waktu ini ada Faiz rivaldi (vokal), Blenthot (Bass), Eko (drum) dan di gitar ada Aku dan Teguh Tri wibowo. kalian tahu gak gaes lagu yang kami mainkan itu apa? lagu yang kami mainkan ada lagunya Green Day yang berjudul "Wake Me Mp When September Ends" dan lagunya Captain yang berjudul "Lagu Sexy". tahu gak? lagu Wake Me Up When September Ends adalah lagu yang saya sukai dari dulu sampai sekarang, karena apa? karena liriknya dan Video klipnya Cetar abis.. nyentuh di hati gitu..
oh iya saat itu aku sudah mulai belajar mengaransemen sebuah lagu menjadi lagu yang sedikit kecii, kecii menurutku tapi haha, mungkin kalo menurut orang lain jadi alay haha.. peduli setan, yang penting aku seneng :P

kira kira seperti ini dah penampakan bandku waktu SMA kelas 2 ini

nah itu aku yang main gitar stratocaster. keren kan? hhaaa

sebenarnya dulu aku di tawari gabung di grup band sekolah untuk tampil di Ratih TV apa yak, tapi gak berlangsung lama aku gabung di band tersebut, ya karena kurang sreg dengan orang-orangnya haha.. parah kan? ya mungkin karena belum kenal aja kali yee..
setelah itu di tawari lagi oleh bu reky (guru seni musik) untuk ikut lomba band antar sma. ya lagi lagi tidak tahu kenapa alasanya saya menolak tawaran tersebut haha,, padahal kan #ah syudahlahh #akurapopo

lajut broottt ke kelas tiga, permainan gitarku sudah mengalami peningkatan lagi, walaupun tidak drastis, heboh, dan cetar membahana, tapi ya lumayan lah.

sebenarnya aku ingin banget loh main band dengan formasi waktu kelas 2, karena menurutku itu formasi band yang paling nikmat kala, itu dan anggapan teman teman juga seperti itu, namun kami waktu kelas 3 dipisahkan oleh kelas yang berbeda :'( #pasang emot nangis

rasa takutku sebenarnya tidak berlangsung lama, karena ketika kenaikan kelas itu pun, aku kodok da kawan kawan sudah memiliki rencana untuk membuat sebuah band guna untuk menyikat gelar juara haha,, "sok jago banget kan" wkkk

ketika awal band ini sebenarnya ada beberapa nama nama keren, seperti blentot, ricky, Qoim dan rizal. tapi dalam kelanjutanya band kami berformasikan Tile pada Vokal, di Gitar ada aku dan Qoim, di Bass ada Ricky, dan di Drum ada Eko, dan ada satu nama lagi .. siapakah dia???????????  tenottt..... ya ada bang wean di Posisi Saron, wuihh keren kan bandku kali ini memiliki saron?? hahaii

yupsss. kami sering banget di kelas jrang jreng jrang jreng gitcuuu, alhasil kelas kami pun ramai kece badaii.. dan hari-haripun semakin dekat dengan perlombaan itu, kami pun mulai gusar, karena kami belum sempet latihan full satu band,. kami hanya jrang jreng jrang jreng saja di kelas..

semakin mepet dengan hari H, kami di beri tahu bahwa perlombaan kali ini sedikit berbeda dengan tahun lalu, karena ada tema wajibnya yaitu tentang INdonesiA. yak kami sempat bingung memilih lagu yang akan kami bawakan nanti, usut punya usut akhirnya terpilihlah lagu Aku Cinta Indonesia dari Night To Remember atau NTR dan Lagu Drive yang berjudul Kedua.. 

saya berkesempatan untuk mengaransemen full kedua lagu tersebut. setelah saya dengarkan dan saya dendangkan setiap hari, akhirnya saya menemukan aransemen yang cukup kece badai untuk kedua lagu tersebut, kemudian aku sodorkan sampel aransemen yang telah aku lakukan, dan untungnya teman-teman langsung menerima hahaa...

tau gak broww,, kami hanya sempet melakukan latihan 3 kali saja di Studio musik, namun alhamdulilah kami berhasil menyabet juara 1 di ajang lomba Band tersebut... senangnya bukan main gan.. memang saat-saat seperti ini yang aku tunggu tunggu dari dulu hhhahaa.. 

akhirnya saya bisa juga maju ke lapangan pas upacara bendera sekaligus pengumuman juara lomba classmeeting hahaii... gile , seumur hidup aku sekali lohh maju pas saat upacara untuk menerima hadiah haha.. seneng juga si saat itu... 

o iya,, nih tak kasih lihat bagaimana muka muka temen temen bandku

tara,.......
.
.
.
.
.
.









 dan akhirnya saya bisa membawa kenangan baik waktu sma dalam bermusik hahaii

lanjut lagi waktu aku kuliah sampai sekarang, permainan gitarku lebih jauh melesat ketika aku berada di kota budaya ini, karena hampir setiap minggu di beri tontonan yang menarik yang membuatku semakin terbuka untuk mendalami musik karena memang seperti tujuan awak saya kuliah di jogja untuk mendalami musik, dan akhirnya tidak sia-sia aku memilih jogja sebagai tempat kuliahku,

sempat merasa minder dan malu ketika saya kali pertama harus main musik di Jogja karena melihat teman-teman baru saya yang memiliki kemampuan jauh diatasku, namun hal itu membuatku termotivasi untuk lebih mendalami musik khsususnya gitar, walaupun jurusan kuliahku tidak ada sangkut pautnya dengan gitar, namun setiap hari yang kupelajari gitar, gitar dan gitar haha.. edan ora jal???

pada bulan februari 2013 aku main band untuk pertama kalinya di jogja, namun band tersebut bertahan hanya sebatas pertunjukan saja hahaii..

kemudian lumayan vakum lama dalam dunia band, kemudian aku memutuskan untuk membuat sebuah band baru dan mulai aktif di Sastra Budaya untuk menimba dan berguru ilmu pada teman teman sanggar, alhasil saya bisa belajar banyak dari mereka para senior-seniorku yang tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana cara bermusik, menikmati musik, namun juga mengajarkan tentang bagaimana arti kekeluargaan dalam sebuah musik atau band.
dari sinilah aku masuk menjadi crew band Legendaris Jogja yaitu "SASTRO MOENI" yak kenapa legendaris? karena keberadaan Band ini sudah cukup tua, karena berdiri sekitar tahun 80an awal, dan masih berdiri kokoh sampai saat ini, saya pelajari betul ketika saya menjadi crew "Sasmun "nama lain SASTRO MOENI, mulai dari kesiapan player diatas panggung maupun di bawah panggung, serta berbagai hal lain seperti pentingnya pengetahuan kita tentang Sound, dan menjamin kelancaran player ketika berada di atas panggung, ilmu yang sangat bermanfaat bagiku. sembari aku menjadi crew sastro moeni, saya pun berniat membuat Band, yang saya beri Nama "RAISWARA" sebuah band yang beraliran Pop Jazzy yaitu pop yang nyrempet ke arah jazz hahaa..
dan apa yang aku dapatkan di sastro moeni aku terapkan di dalam band baru bentukanku ini,
nama RAISWARA berasal dari gabungan dua vokalis, yaitu Rais dan Iswara. saya pun belajar banyak dari teman teman raiswara ini, mulai dari bermusik serta berkeluarga dalam sebuah band, dan alhamdulilah band ini mampu mengantarkanku kedalam beberapa Gigs-gigs yang lumayan besar untuk seukuranku, bahkan kami pun sempat main di Magelang.. saya bersyukur sekali karena mereka-mereka semua saya bisa merasakan kebahagiaan dalam bermusik. lanjut lagi ke sastro moeni, pada sekitar januari awal saya dikejutkan oleh tawaran dari mas Dodo, gitaris Sasmun generasi 14 untuk melanjutkan beliau menjadi gitaris sasmun selanjutnya. hal ini merupkan kabar gembira bagi kita semua haha duhh duhh apa kie yem malah iklan mastin, ya kabar yang menyenangkan bagiku, namun juga beban bagiku, dimana para personel sasmun selanjutnya harus bisa membawa nama besar sastro moeni dengan bijak. agar band sastro moeni tetap jaya sampai generasi selanjutnya...

mungkin saat ini hanya sebatas ini yang saya lakukan dalam bermusik, namun aku tetap berusaha meningkatkan kemampuanku dalam bermusik, dan meneruskan mengangkat nama besar Sasmun seperti dahulu, waktu era keemasan samun, sekaligus mengangkat nama RAISWARA. dan yang terpenting adalah tujuan awal bermusik saya bahwa saya ingin mempunyai sebuah karya.. soo tunggu karya karya saya selanjutnya guysss :* muachhhh (ketjup basah)

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 SALAH KAMAR. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger